Latest Updates

Peluang Budidaya Ternak Ikan Nila

Peluang Budidaya Ternak Ikan Nila
Peluang budidaya ternak ikan nila dapat anda buat di daerah yang memiliki sumber air yang cukup dan menjadikan ternak ikan nila sumber penghasilan baru usaha sukses anda.


Ikan Nila merupakan jenis ikan air tawar yang mudah dikembangbiakan dan memilki rasa yang gurih dan digemari masyarakat. Untuk budidaya nila ini dapat diternak di kolam berupa kolam tanah, kolam berdinding tembok atau keramba jaring apung.

Untuk kolam tanah perlu diberikan pengapuran dengan ukuran 25-1000 gram/m2 dan pemupukan dengan pupuk kandang 500 gram/ M2, urea 15 gram/ m2 dan TSP gram/ m2. Setelah kolam siap benih nila bisa dimasukan ke kolam setelah 5 - 7 hari pengisian air kolam. Hal ini berguna untuk memberikan waktu terhadap ekosistem air berkembang, sehingga air kolam menjadi stabil untuk dimasuki benih ikan nila.

Benih ikan nila yang akan ditebar berukuran 8-12 cm, selain itu anda juga harus memperhatikan ukuran kolam dengan jumlah benih yang akan ditebar dengan perhitungan padat tebar 5-10 ekor per m2. Untuk makanan maka nila diberikan pelet, dedak, ampas kelapa, pellet atau sisa-sisa makanan dapur. Makanan pencapur ini penting untuk menurunkan biaya pakan ikan nila. Setelah dipelihara 4 - 6 bulan maka masa panen pun tiba, pada masa ini ikan telah berukuran sekitar 50 gram per ekor. Anda bisa memanen secara keseluruhan atau bisa juga dipanen sebagian saja sesuai dengan permintaan pasar. 

0 Response to "Peluang Budidaya Ternak Ikan Nila"

Post a Comment

INFO BURUNG KICAUAN. Powered by Blogger.